Selasa, 29 Desember 2015

KARANGAN EKSPOSISI

 

Karangan Eksposisi
Karangan eksposisi adalah sebuah karangan yang berisi tentang penjelasan-penjelasan atau pemaparan mengenai suatu informasi kepada pembaca. Tujuan karangan ini adalah untuk memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pembaca.

Ciri-ciri karangan eksposisi
1. Menyajikan atau menyampaikan sebuah informasi kepada pembacanya.
2. Informasi yang disajikan bersifat fakta atau benar-benar terjadi.
3. Tidak berusaha mempengaruhi pembaca
4. Menjelaskan sebuah proses atau analisa suatu topik.

Contoh Karangan Eksposisi
Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji
            Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Tak hanya itu singkong juga  dapat tumbuh di semua jenis tanah, atapun di daerah beriklim yang tropis dan subtropics. Meskipun proses penanamannya sangat mudah, proses penanaman mawar dari biji memerlukan waktu yang lebih lama, dan butuh perhatian khusus untuk hasil yang maksimal sebagai berikut:


Belilah biji mawar di toko bunga yang terdekat, tetapi biji mawar yang sudah di stratifikasi atau sudah siap tanam. Kemudia rendam bibit tanaman dalam air hangat selama 2 jam. Air hangat kuku saja. Setelah itu rendam di air bersih (suhu biasa) selama 2-3 jam berikutnya. Setelah perendaman waktunya kita menyemai bibit mawar.
Bunga mawar mememerlukan waktu cold stratification untuk bisa tumbuh optimal. Cold stratification bahasa sederhananya adalah penyemaian di kulkas (bukan freezer).
Caranya siapkan wadah (boleh toples tertutup). Lalu ambil kapas, cubit-cubit menjadi potongan halus. Cuci di air mengalir agar zat kimianya keluar. Letakkan kapas lembab tadi ke wadah yang telah di sediakan. Taburkan bibit bunga mawar ke atasnya. Semprot spray atau teteskan air untuk melembabkan kapas. Kapas harus di jaga kelembapannya, jangan sampai kering atau tergenang air. Lalu masukan kulkas. Bunga mawar memerlukan waktu cold stratification yang optimal selama 1-2 bulan. Setelah itu bunga mawar dapat di tanam di pot, dengan media tanam yang tersedia.
Demikianlah cara menanam bunga mawar dari biji, untuk mendapatkan hasil yang sempurna memang butuh waktu yang lebih lama untuk tumbuh, di banding bibit sayuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar