Selasa, 08 Desember 2015

ARTIKEL


Kanker Payudara
Sebenarnya saya akan berbagi ilmu tentang 'Kanker Payudara' kalian mengerti apa maksud dari Kanker itu sendiri atau cuma tahu kata Kanker tanpa tahu maksud dari Kanker itu. Disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu definisi Kanker. Berikut artikelnya

Pengertian Kanker
Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Apa itu Kanker Payudara?
Kanker Payudara yang dalam bahasa medis disebut  dengan Carcinoma Mammae salah satu kanker yang sangat ditakuti oleh kaum wanita, setelah kanker serviks. Kanker Payudara ialah sebuah keadaan abnormal dimana sel-sel pada jaringan payudara membelah dan berkembang diluar kontrol. Penyandang Kanker Payudara meningkat dari tahun ke tahun. Kanker Payudara ini pada umumnya menyerang kaum wanita, tapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada laki- laki. Penyakit ini termasuk kedalam Tumor Ganas, karena tumor ganas pertumbuhannya relatif lebih cepat karena memang bersifat aktif dan agresif dibandingkan tumor jinak. Kemudian penyebab terjadinya Kanker Payudara sampai saat ini belum diketahui. Macam-macam Stadium Kanker Payudara :
1.      stadium dini antara 0 – 1
2.      stadium menengah 2
3.      stadium tinggi 3 – 4


  •  Pemicu Kanker Payudara
    1. Jenis kelamin
    2.  Usia
    3. Faktor Genetis
    4. Riwayat Pribadi / Keluarga
    5. Faktor pola hidup
·       Ciri – Ciri Kanker Payudara
1.      Payudara menebal
2.      Inden (penyok)
3.      Warna berubah
4.      Agak kemerah merahan
5.      Keluarnya cairan
6.      Muncul seperti jerawat
7.      Muncul seperti tumbuh baru
8.      Pembuluh darahnya terlihat
9.      Puting masuk kedalam
10.  Satu payudara keluar putingnya 2

*    3 langkah DETEKSI DINI Kanker Payudara

·         SADARI (Periksa Payudara Sendiri)
Jadikan kebiasaan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sejak usia 20 tahun. Pahami kondisi normal payudara Anda dan segera berkonsultasi dengan dokter apabila menemukan perubahan pada payudara.
1.      SADARI dianjurkan dilakukan antara 7 hari sampai 10 hari pertama menstruasi. Pada masa ini, kepadatan payudara berkurang.
2.      SADARI dilakukan setiap satu sampai tiga bulan sekali
3.      SADARI tidak seharusnya menggantikan jadwal pemeriksaan fisik oleh dokter dan jadwal mammografi.
4.      Bagi perempuan yang sudah menopause, SADARI dilakukan setiap bulan pada tanggal yang sama.
Adapun beberapa langkah melakukan SADARI :
Berdiri tegak di muka cermin dan cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara atau pembengkakan datau perubahan pada putting. Kemudian
1.      Angkat lengan kanan ke atas dan tekuk siku sehingga tangan kanan memegang leher bagian belakang. Menggunakan 3 jari tangan kiri, raba dan tekan area payudara. Cermati seluruh bagian payudara kanan hingga ke area ketiak. Lakukan gerekan menekan dan meraba dengan cara membuat lingkaran-lingkaran kecil dengan arah naik da turun.
2.      Lalu lakukan gerakan membentuk lingkaran-lingkaran kecil dari bagian luar ke dalam payudara
3.      Lakukan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke putting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payu dara kiti
4.      Pencet kedua putting satu persatu. Putting kanan dengan telunjuk dan ibu jari kiri, begitu  juga sebaliknya. Cermati bila ada cairan yang keluar dari putting. Konsultasikan dengan dokter seandainya terdapat cairan yang keluar dari putting.


·         Periksakanlah Payudara ke Dokter ahli
Lakukan pemeriksaan klinis payudara ke dokter ahli. Jadikan pemeriksaan ini sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin Anda. Perempuan usia 20 hingga 30 tahun bisa melakukannya setiap 3 bulan sekali. Bagi yang berusia 40 tahun ke atas sangat diajurkan melakukannya setiap tahun sekali.

·         USG & MAMMOGRAFI
Perempuan usia 40 tahun ke atas sangat dianjurkan utuk mulai melakukan screening mammografi setiap sebulan sekali. Bagi yang dibawah 40 tahun screening cukup dilakukan dengan ultrasonografi (USG) payudara.

Sekian postingan dari saya, mohon maaf bila ada pembahasan yang kurang tepat atau tidak sesuai, saya mengharapkan saran yang benarnya agar menjadi lebih baik lagi, semoga bisa beguna bagi para pembaca terutama kaum wanita agar lebih mengetahui apa itu kanker payudara.



Sumber :
Seminar Love Pink Indonesia (Yayasan Daya Dara Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar