Selasa, 29 Desember 2015

PENJELASAN SHALAT MALAM








Shalat Malam

          Sebagai umat Islam pasti mengenal dengan istilah solat malam, ada beberapa istilah yang berkaitan dengan shalat malam yaitu; tahajud, qiyamullail, qiyamur ramadhan dan tarawih. Secara umum waktu utuk melaksankan shalat malam yaitu setelah masuk waktu shalat Isya sampai menjelang shubuh. Dan hukum melaksankan shalat malam adalah sunnah.

 


          Secara bahasa tahajud artinya shalat disaat bangun tidur, shalat tahajud dilakukan di akhir malam hari setelah bangun tidur.  Sedangkan shalat Qiyamul Lail secara harfiah qiyam artinya berdiri, bangun, atau mendirikan shalat, dan al lail artinya malam. Jadi qiyamul lail adalah bangun untuk melaksanakan shalat malam. Selanjutnya shalat Qiyamur Ramdhan artinya shalat malam disaat bulan Ramadhan, yang di laksankan waktunya setelah shalat Isya sampai menjelang shubuh. Dan untuk shalat Tarawih berasal dari lafazh tarwihan secara bahasa artinya santai, tenang, atau duduk sambil istirahat. Dinamakan shalat tarawih sebab dilakukan berkumpul (berjama’ah) untuk melaksanakan shalat di bulan Ramadhan, dan santai santai antara selesai tahap pertma (4 raka’at), tahap kedua (4 raka’at) sampai terakhir tahap ketiga (witir 3 raka’at). Jadi shalat tarawih itu sama dengan shalat Qiyamur Ramadhan.

Adapun  khusus untuk shalat tahajud keutamaan melaksanakannya adalah :

a.     Shalat tahajud adalah sifat orang bertakwa dan calon penghuni surga

b.    Tidak sama antara orang yang shalat malam dan yang tidak

c.     Shalat tahajud adalah sebaik-baik shalat sunnah

d.    Shalat tahajud adalah kebiasaan orang sholih

e.     Sebaik-baik orang adalah yang melaksanakan shalat tahajud

Kemudian jumlah bilangan shalat malam baik, tahajud, qiyamul lail, qiyamur ramadhan dan tarawih yang biasa dilakukan Rasulullah SAW tidak lebih dari 11 raka’at. Maka tata cara pelaksanaan shlat malam yang dilkaukan Rasulullah SAW sebagai berikut :

a.     Shalat malam yang di lakukan di luat bulan Ramadhan yaitu shalat tahajud atau qiyamul lail adalah 11 rakaat dengan cara 4 raka’at, 4 raka’at, dan 3 raka’at


b.    Shalat malam yang di lakukan dalam bulan Ramadhan yaitu shalat tarawih atau qiyamu Ramdhan adalah 11 raka’at dengan cara 4 raka’at, 4 raka’at, dan 3 raka’at


Adapun bacaan do'a setelah shalat tahajud :


 Artinya : “Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar